Sebuah perjalanan



Kalo kata kak Faldo “Menulis adalah merapikan kenangan” yahh kali ini saya ingin bercerita perjalanan selama menjadi mahasiswa UEU ditahun kedua.

1.      Semester Pendek 2014


Semester pendek merupakan salah satu semester wajib yang harus diikuti mahasiswa UEU jika ingin lulus lebih cepat. Saya pun mengambil 2 mata kuliah disemester ini yakni Manajemen Koperasi & UKM beserta Agama Islam. Adanya semester pendek tentunya menguras banyak waktu liburan yang semestinya 3 bulan menjadi 2 minggu. Nah Berhubung pada saat itu bertepatan dengan hari raya idul fitri, UEU pun memberikan libur kepada kami. Saya pun kembali ke Sulawesi.

Bertemu keluarga adalah hal yang paling membahagiakan dalam hidup, hari yang dinanti-nantikan setiap mahasiswa yang merantau di daerah orang.

Kemudian Sekitar tanggal 2 agustus 2014 saya kembali ke Jakarta sehabis libur lebaran selama 2 minggu, saya melanjutkan SP dengan perasaan dekdekan dikarenakan gak masuk selama 2 minggu yakni 5 kali pertemuan dikarenakan sempat sakit dan bolak balik puskesmas, tapi Alhamdulillah dengan semangat dan motivasi dari orang orang terdekat saya mengejar ketertinggalan dengan aktif dikelas selama beberapa minggu tersisa. Dan alhasil IP yang saya dapat waktu itu sangat memuaskan dan menacapai nilai maksimal. Diluar ekspektasi. yess  4 J awal yang baik. 

2.      Semester tiga

Hallo semester tigaaa…

Bukan lagi mahasiswa baru, memulai hari yang baru dengan semangat baru, dengan harapan menjadi lebih baik. Lupakan masa lalu lupakan galau-galau. haha

Yappppss sekarang udah jadi senior, udah ngelewatin Esgul Welcoming Days, Economic Study On Camp, Mikami, LDK, dan serangkaian kegiatan selama menjadi mahasiswa baru. Sekarang saatnya ngikutin banyak organisasi buat nambah jaringan, ngelatih komunikasi, nambah pengalaman dan yang terakhir buat ngelupain orang :p pernah denger gak “dibalik menyibukkan diri ada sesuatu yang ingin dilupakan” nahh pas banget sama situasi saat ini…

Saya pun memutuskan untuk ikut HMJ-Manajemen yang diberi nama Kelompok Study Manajemen (KSM) dan bergabung didivisi pendidikan. Ketua KSM pada saat itu namanya Kak Faisal Abdul Azis (Sekarang menjadi Presiden Mahasiswa UEU 2015/2016) dan Wakilnya kak Maulana Septian ( Sekarang menjadi Gubernur FE UEU 2015/2016 ) SELAMAT ya kakak kakak,

Pokoknya bangga sama Ekonomi.

Adapun  proker pertama BEM, KSM, dan KSA FE UEU yakni ngadain Esgul Welcoming Days yang bekerjasama dengan BEM UEU dan BEMF lainnya. Waktu itu saya mentorin maba kelompok 11 (kalo gak salah inget ) dan perkenalan KSM bersama rekan rekan yang lain. Yah, 3 hari yang menyenangkan di sela deadline PKM yang semakin dekat. *PKM merupakan salah satu kewajiban bagi setiap penerima Beasiswa Unggulan di UEU maupun di Univ lainnya, PKM merupakan Program Kreativitas Mahasiswa yang diadain DIKTI buat seluruh universitas di Indonesia, Saya belajar seperti apa memanage waktu agar tetep maksimal dikeduanya. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar.

Memasuki minggu-minggu pertama kuliah tentunya ada rasa dekdekan dapet temannya siapa, dosennya siapa waktu kuliahnya kapan aja, bisa gak yaa dibagi dengan waktu organisasi, dan alhasil dapet dosen killerrrr,, hohoho :p oiya semester ini saya ngambil mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan, Akuntansi Biaya, Etika dan Komunikasi Bisnis, dan Business English. Dan tak lupa pula ngulangin Matematika karna gapuas dengan hasil disemester 1…

hahaha yapp saya ngambil kelas karyawan dan sekelasnya kaka-kaka yang udah kerja semua, jadinya jadi mahasiswi paling muda. Walaupun sempet kesel sama dosen math sebelumnya tapi bersyukur berkat ngulangin math, saya ditunjuk jadi asdos math salah satu dosen baik, yang akhirnya setiap minggu harus ngejelasin materi ke teman-teman yang lebih senior, syukur syukur buat ngelatih  komunikasi, dan yang pasti lebih banyak jaringan, lebih dekat dengan orang orang yang berpengaruh. Ini namanya NGULANG yang MEMBAWA BERKAH, semoga nanti bisa jadi dosen. aamiin J dikost juga saya sempet nge-privatin math anaknyan bu kost dan Alhamdulillah dapet gaji walau Cuma beberapa minggu J semua berkat matematika, yaaa saya sangat suka matematika, jadi gak heran kalo teman teman alumni OSN pada nanya kenapa ga ngambil kuliah matematika ajaa vaa…

Berhubung menguasai banyak bahasa asing saat ini merupakan hal yang dibutukan dalam dunia kerja saya pun ikut ekstrakurikuler Korean Club yang diadain setiap hari jum’at dan pada saat itu KC ngadain festival KC dimana akan menampilkan kebudayaan kebudayaan korea, saya pun ikut nyanyi buat tampil (padahal suara berantakan) hahaaa tapi ini merupakan pengalaman paling gabisa dilupain apalagi masa-masa latihan tiap sorenyaa , sangat berharga. 

Selain ikut KSM dan KC saya juga ikut bela diri kempo yang diadain  setiap hari sabtu dan senin, tentunya sangat ngebantu buat ngurusin badan dan yang pasti buat sehat. Hahaha  Jadinya dalam 1 minggu gada libur sama sekali semuanya diisi dengan aktivitas yang positif dan menyenangkan, mulai dari ngadain seminar, kunjungan perusahaan, keluar kota, dan gajarang ngorbanin  waktu kuliah buat kegiatan kegiatan diatas,

Setiap pilihan memng harus ada yang dikorbankan, tapi jika yakin pilihanmu  yang terbaik, kamu pasti bisa ngejalaninya

“Eva gacapek apaa??? “ itu pertanyaan yang paling sering ditanyain temen-temen” hahaa aku enjoy ngejalaninyaa… ketemu orang- orang baru banyak belajar banyak hal dari setiap individu yang saya temuin. 


FIXXXXX UDAH MUPP ON DARI YANG KEMARIN. 

Memasuki bulan desember, kegiatan diorganisasi semakin banyak ditambah lagi harus kursus mandarin setiap sore mulai hari senin sampai kamis dan UASpun menanti, gamungkin bisa ngikutin semuanya dan saya memutuskan untuk gak aktif lagi di Korean club dan Kempo.

Blablablablabalbalalalalaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

            UAS selesai…………

            Tapi hatinya gabebas karna mikirin IP bakalan turun, udah ikhlas sih sebenernya, toh kegiatan diluar juga manfaatnya banyak. Hmmm nambah dekdekan tiap ngecek siakad.

Setiap hari satu persatu nilai keluar dan hasilnyaaa sangat sangat memuaskan,, 4 yeayy ini kedua kalinya dapet 4.

Yang saya pelajarin “Organisasi gak akan ngeganggu kuliah selama kamu bisa ngebagi waktu dengan baik, berikan kemampuan maksimal dikelas, selebihnya gunakan waktu buat organisasi dan pribadimu “….

Melampiaskan galau dengan hal-hal yang positif 

Eva Cahaya Reski

Manajemen UEU’13



3.      Semester 4

Awal tahun 2015 mungkin bisa dikatakan puncak semua kegiatan, mulai dari les mandarin, olimpiade, lomba lomba, seleksi Nanjing Xiaozhuang University, dan berbagai kegiatan organisasi internal maupun eksternal.

Diawal tahun saya ikut seleksi BEM UEU kebetulan waktu itu ada lowongan didepartemen keuangan, dan diajakin buat daftar sama temen namanya Lina Kurniawati (Menkeu UEU Sebelumnya). Tanpa berfikir panjang saya pun ikut ngumpulin berkas CV dan wawancara, alhasil resmi masuk BEMU.

            Di BEMU bertemu orang-orang baru dari semua fakultas, orang-orang kritis dan yang pasti kegiatannya lebih banyak dan lebih menantang. Tugas utama keuangan yakni mengelola laporan keuangan alokasi dana IKM tahun 2014/2015 yang kisarannya mencapai ratusan juta untuk semua pengeluaran BEMF dan UKM. Diawal masuk saya dipercaya jadi Bendahara LKMU 15 salah satu proker tahunan Departemen Pendidikan yang diadakan bulan maret di Puncak Bogor selama 3 hari, dengan persiapan kurang lebih sebulan. Alhamdulillah tahap persiapan sampai LPJ penutup lancar. 

            Selama sebulan persiapan, saya juga ikut Kursus SAP selama 2 minggu dan mandarin. Disaat temen temen yang lain libur sebulan, saya tetep ngampus.. hiks hiksss . 

Kalo yang tadi bercerita tentang Internal, kalo sekarang tentang eksternal yaps saya juga ikut HmI, Suatu organisasi yang merubah hidup saya selama tahun 2015, lebih mengenal dunia lebih luas, lebih mengenal banyak orang dari luar kampus, lebih mengenal tentang islam, jadi #sadar kalo diluar sana banyak banget orang pinter religious, dan yang pasti merubah diri dari yang dulunya males pake rok, sekarang udah mulai sukaa..hehehe di HmI ketemu orang orang yang sudah seperti saudara. Dan UNJ pun menjadi kampus kedua _________> nexttt

Komentar